Cari Artikel Kesehatan:

Minggu, 06 Januari 2013

Tips Mengatasi Ketagihan Makanan Manis-Manis


Ok perlu diakui, kebanyakan dari kita pasti suka makanan yang manis. Makanan manis itu terasa menyenangkan, ’kan?
Banyak dari kita tumbuh kembang dengan makanan dan minuman yang dibuat dengan gula putih dan banyak juga dari kita yang kemudian punya masalah kesehatan yang butuh waktu lama untuk sembuh. Dulu berbeda sekali dengan sekarang, dulu kita tidak mengindahkan asupan nutrisi seimbang, dulu tidak ada yang mengingatkan betapa asupan nutrisi seimbang itu penting bagi kesehatan, tidak seperti sekarang.


Ada 7 alasan kenapa kita harus mengurangi asupan atau mengkontrol asupan gula:

1. Gula bukanlah makanan – nilai nutrisi gula sebenarnya hanya kecil dan malah menyebabkan sistem tubuh kita mengambil vitamin-vitamin yang juga penting bagi organ tubuh lainnya  untuk membantu proses metabolisme gula, itu akan menyebabkan tubuh kita kekurangan nutrisi. 


2. Gula dapat menyebabkan gelisah – Memang telah ditemukan adanya hubungan antara kelebihan gula pada darah dapat menyebabkan kegelisahan, depresi dan schizophrenia, karena gula dapat meningkatkan insulin dan adrenalin dalam darah.

3. Gula menyebabkan gemuk – Gula itu kaya akan kalori dan akan tertimbun di jaringan lemak

4. Gula dapat menyebabkan diabetes, penyakit ginjal dan jantung – Kelebihan gula di darah dapat menyebabkan masalah pada fungsi pancreas yang akhirnya akan berdampak pada kesehatan organ-organ penting lainnya seperti ginjal dan jantung.

5. Gula dapat menekan kerja sistem imun tubuh – Tubuh kita punya sistem imun di mana tubuh dapat melawan zat asing atau pengaruh buruk lingkungan. Namun dengan adanya kelebihan gula dalam darah, sistem imun pun berperan untuk mengatasinya dimana itu akan memperberat kerja sistem imun.

6. Gula dapat merusak gigi – Gula dapat meningktkan jumlah bakteri di mulut yang dapat merusak lapisan luar gigi (enamel). Kesalahan utama dari banyak merek pastagigi yang populer di pasaran adalah tidak dicantumkannya jumlah gula yang terdapat pada pastagigi pada label kemasannya. Konyol sekali kalau pastagigi yang harusnya membantu menjaga kesehatan gigi kita malah mengandung sejumlah gula yang akhirnya malah merusak gigi.

7. Gula dapat menyebabkan keriput – Telah ada laporannya bahwa pola makan tinggi gula dapat merusak kolagen di kulit yang akan menyebabkan keriput.
Pengamatan seksama telah dilakukan pada orang di Amerika, ditemukan bahwa rata-rata orang di Amerika mengkonsumsi gula hingga 20 sendok teh setiap harinya, itu artinya 2 – 3 pon gula perminggunya! Itu adalah gula tambahan, tidak termasuk gula yang ada alami pada buah, sayuran, gandum dan susu. WHO (World Health Organization) menghimbau jangan mengkonsumsi gula lebih dari 10% kalori perharinya, itu setara dengan 12 sendok the gula untuk 2.200 kalori perharinya.  Kedengarannya 20 sendok teh itu banyak, tapi….

Ada hal-hal yang bisa dijadikan pertimbangan:
  • Yogurt buah Low-fat (125ml) mengandung gula sebanyak 4 1/2 sendok teh
  • 2 potong roti putih (dari tepung terigu) mengandung gula sebanyak 6 sendok teh.
  • Wheaties (1 mangkuk + 1/2 sendok teh gula) mengandung gula sebanyak 3-4 sendok teh.
  • 1 glazed donut mengandung gula sebanyak 6 sendok teh.
  • Pepsi ukuran 12 ons mengandung gula sebanyak 10 sendok teh. 
 


Kalau dijumlah, total gulanya sudah 29,5 sendok teh! Bisa dimengerti kenapa sekarang tingkat konsumsi gula orang-orang meningkat, makanan dan minuman yang biasa kita temui di pasaran pasti mengandung zat gula, baik yang ada secara alami dan yang ditambahkan.

Tenang, jangan panik dulu. Ada caranya bagaimana kita bisa mengurangi konsumsi gula.

===========

Caranya mengurangi konsumsi gula

Setidaknya butuh 7 hari untuk benar-benar bisa mengurangi ketagihan makanan dan minuman manis. Itu pun bukan berarti perasaan itu hilang, tapi setidaknya untuk benar-benar mengurangi. Bisa tidaknya kita mengurangi ketagihan gula ini sebenarnya juga tergantung dari diri sendiri juga. 

Pilih cara yang memang berhasil untuk diri kita, karena bisa saja cara yang berhasil untuk orang lain tidak berhasil pada kita. Dan penting kita ingat, jangan mengharapkan segala sesuatu bisa terjadi cepat, semua hal demikian pula mengatasi ketagihan gula ini butuh proses.

1. Makan buah segar dan buah kering daripada makanan manis – Seperti yang sempat disebutkan di atas, buah-buahan punya kandungan gula alami, tapi buah adalah pilihan yang lebih sehat karena dalam buah juga terkandung vitamin, mineral dan serat alami. Tidak masalah jika kita makan buah-buahan dalam porsi besar dalam rangka mengurangi asupan gula harian kita.

2. Buat aturan saat makan makanan penutup (dessert) – Minggu 1: makan maksimum sekali dalam sehari. Minggu 2: makan seminggu dua kali. Minggu 3: sekali dalam seminggu. Pastikan kita juga makan buah-buahan setidaknya setengah dari makanan penutup kita.

3. Coba Stevia – Stevia adalah ekstrak herbal dari daun Stevia rebaudiana  yang memberi efek manfaat bagi pancreas dan tidak berkalori. Ekstrak ini juga punya manfaat mengkontrol gula darah dan tekanan darah.

4. Jangan melewatkan makan  – Ketika kita dengan sengaja maupun tidak
sengaja melewatkan waktu makan kita, tubuh kita menjadi lapar dan kita akan mengkonsumsi apapun agar gula darah kita kembali normal dan kita tahu apa itu artinya.

5. Daripada minum soda, minumlah minuman lemon atau es teh – Buatlah minuman lemon dengan herbal stevia atau teh herbal stevia. Jika tubuh kita butuh mineral, kita bisa minum minuman air mineral. Saat pesta, minum air soda dengan lime ataupun lemon.

6. Jangan simpan permen, coklat ataupun makanan manis dalam lemari atau kulkas – Adanya permen atau coklat atau makanan manis akan sangat menggoda.

7. Ketika tiba-tiba ingin makanan manis, sebaiknya jalan-jalan – berdasar laporan dari para atlet, mereka mengatakan keinginan akan makanan / minuman manis berkurang setelah mereka berolah raga, mereka lebih memilih makanan yang gurih.

===========



Cara cepat menghindari asupan gula berlebih

Baca label makanan / minuman: Hati-hati pada kandungan gula tersembunyi dan sebutan lain gula

Gula tersembunyi: ada dalam saus tomat, kacang panggang, makanan dalam kemasan, permen karet, mint dan daging khusus makan siang.

Sugar aliases / sebutan lain dari zat gula: corn syrup (sirup jagung), dextrin, dextrose, fructose, fruit juice concentrate (jus buah konsentrat), high-fructose corn syrup (sirup jagung tinggi fruktosa), galactose (galaktosa), glucose (glukosa), honey, hydrogenated starch (pati terhidrogenasi), invert sugar maltose (gula maltosa), lactose (laktosa), mannitol, maple syrup (sirup maple), molasses (tetesan sirup gula), polyols (poliol), sorghum, sucrose (sukrosa), sorbitol, dan xylitol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUDAH CUKUP PUASKAH ANDA DENGAN HIDUP ANDA?
atau
MASIH ADA YANG KURANG?


Photobucket