Cari Artikel Kesehatan:

Kamis, 13 September 2012

Makanan dan Minuman Yang Bikin Lapar

Tahukah anda, ada beberapa makanan dan minuman yang jika kita konsumsi malah makin membuat kita merasa lapar? Contohnya makanan siap saji, seperti ayam tepung goreng, hamburger dan pizza bisa bikin kita kelaparan seakan kita tidak habis mengkonsumsi apapun. 

Kita bisa saja menahan diri untuk tidak terus-terusan makan, tapi ada makanan dan minuman yang begitu addictive / membuat ketagihan. 

Kita harus tahu makanan / minuman apa yang malah bikin kita makin lapar biar kita bisa mengurangi atau malah bisa menghindarinya. Terutama kalau kita lagi melakukan diet. 

1. Chewing Gum / Permen Karet
Permen karet itu bisa memicu keluarnya enzim pencernaan dan kelenjar liur. Air liur yang keluar ini akan turun ke perut dan membuat otak berfikir kalau ada makanan yang perlu dicerna, itu yang membuat kita jadi merasa lapar. 

2. Minuman Diet Soda 

Jangan mau dibohongi dengan label "diet" pada minuman ini. Suatu studi menyatakan pemanis buatan / sintetis yang ada pada minuman soda diet malah memicu rasa lapar tidak seperti gula biasa. Pemanis buatan ini malah bisa membuat kita tidak merasa kenyang. 

3. Sirup Jagung Tinggi Fruktosa 
Kenapa sirup jagung tinggi fruktosa ini malah bikin kita merasa lapar? ternyata sirup ini bisa memperlambat produksi hormon leptin, hormon yang dapat membuat tubuh kita merasa kenyang.
Berarti sirup ini bisa menganggu metabolisme tubuh sehingga seseorang tidak bisa berhenti makan. 


4. Makanan Sarapan Batangan dengan pemanis 
 Kecuali breakfast bar (makanan batangan) itu kaya protein dan mengandung sedikit pemanis, kita bisa sebut saja itu sejenis kue-kue manis.
Dengan rasa manisnya, makanan jenis ini mungkin tampaknya seperti makanan yang cukup untuk sarapan, tapi sebenarnya kita tetap butuh makanan sebenarnya untuk mencukupi kebutuhan kita di pagi hari itu.
Sekarang ini kita banyak menemukan makanan jenis ini di supermarket bahkan di minimarket, tapi tetap saja lebih baik kita sarapan makanan sebenarnya. Kita bisa sarapan bubur gandum dengan buah. madu, selai kacang dan susu kelapa, itu cukup untuk asupan energi di pagi hari. 

5. Makanan yang dibekukan 
Makanan beku, apalagi yang khusus makan malam, tidak memiliki nilai kalori yang mencukupi kebutuhan tubuh. Terutama makanan tersebut tidak terdapat cukup serat, seperti buah-buahan dan sayuran segar agak perut aktif, pencernaan jadi tidak bekerja baik ketika kita makan makanan beku.
Kalau suatu ketika kita terpaksa makan makanan beku, janganlah dijadikan kebiasaan dan kita makan makanan beku itu bersama salad atau buah. 

6. Kue-kue Pastries Manis 
Kue-kue pastries walaupun rasanya enak, dan manis, tapi makanan ini tidak cukup mengenyangkan. Gula dan tepung putih tidak punya kandungan serat atau nutrisi. Kedua bahan yang ada di kue pastries itu mungkin mengenyangkan ketika di awal saja, tapi tak lama kemudian kita akan merasa lapar kembali.
Kalau memang suka dengan kue pastries, kita bisa pilih kue-kue yang dibuat dari bubuk gandum penuh / whole grains dan sedikit gula.

=============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUDAH CUKUP PUASKAH ANDA DENGAN HIDUP ANDA?
atau
MASIH ADA YANG KURANG?


Photobucket