Cari Artikel Kesehatan:

Senin, 06 Agustus 2012

Apakah Ngidam itu Sebenarnya?

Anda pernah punya keinginan makan atau minum sesuatu atau yang orang awam suka bilang "ngidam"? Keinginan makan atau minum seperti apa yang anda idamkan?
Rasa asin dari keripik kentang atau kelembutan es krim atau rasa dari coklat?
Entah anda percaya atau tidak, ketika tubuh kita mengidamkan suatu makanan atau minuman, tubuh kita sebenarnya memberi tanda kalau tubuh kekurangan suatu nutrisi yang penting.

Berikut rahasia di balik munculnya "ngidam".

Makanan atau minuman apapun -  munculnya rasa ngidam sebenarnya terjadi ketika tubuh kita merasakan dehidrasi. Kita cukup minum segelas besar air, itu akan sangat membantu bahkan bisa menghilangkan perasaan ngidam tadi.
Kira-kira 80% orang menderita dehidrasi kronis. Makanya, daripada kita bingung mencari makanan atau minuman yang kita idamkan, lebih baik kita minum air saja dulu. Lalu tunggu kira-kira 1 jam. Biasanya perasaan ngidam itu akan hilang dengan sendirinya.




Pilih mana yaa? Kue2 dan Burger atau Buah dan Sayuran?


Makanan / minuman manis - ketika kita merasa ada keinginan besar untuk makan atau minum yang manis, biasanya itu merupakan tanda bahwa gula darah kita sedang naik turun. Jika kita makan kue pie, permen, atau makanan / minuman manis lainnya, hanya malah akan makin membuat gula darah kita turun naik terlalu drasti, sehingga kita malah akan makin ngidam yang manis-manis.
Sebaiknya pilih buah ketika kita sedang ngidam yang manis-manis. Dan secara teratur pilih makanan yang kaya serat seperti kacang dan kecambah, dan makanan yang tinggi karbohidrat seperti gandum utuh, itu akan membantu mengontrol gula darah kita.

Makanan asin - munculnya keinginan makan makanan asin seperti keripik kentang atau popcorn (kacang berondong) biasanya suatu tanda kalau tekanan stres mulai mempengaruhi kelenjar adrenal kita.— dua kelenjar berbentuk triangular yang ada di atas ginjal kita yang memberi kita energi dan membantu tubuh kita menghadapi segala bentuk stres. Bisa mengatasi perasaan stres itu penting bagi tubuh kita. Coba lakukan meditasi, latihan-latihan pernafasant atau teknik penghilang stres lainnya. 
Hasil penelitian yang dilaporkan oleh Universitas Utah di kota Salt Lake menunjukkan bahwa mereka yang berlatih pernafasan atau melakukan meditasi sebelum meraih makanan asin, bisa mengurangi aktivitas hormon stres sampai 25%-nya dan mengurangi perasaan ngidam sampai setengahnya.





Coklat - Ngidam coklat sering diartikan bahwa tubuh kita kekurangan magnesium. Para ahli nutrisi memperkirakan setidaknya 80 % populasi kekurangan magnesium dalam asupan sehari-harinya. Hal ini menjelaskan kenapa banyak orang yang ingin coklat.Coklat itu kaya akan anti oksidan, coklat banyak mengandung gula. Jika kita memang ingin coklat, pastikan kita pilih coklat hitam dimana kandungan gulanya lebih rendah dan kandungan anti oksidannya lebih tinggi. Sebagai tambahan, cobalah makan makanan tinggi magnesium, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, ikan dan sayuran hijau.

Daging Merah - Tidak aneh kalau kita ngidam daging-dagingan, biasanya tubuh kita sedang kekurangan zat besi. Kebanyakan orang ngidam burger atau steak. Wanita yang sedang menstruasi biasanya rentan kekurangan zat besi.
Cobalah konsumsi makanan kaya zat besi seperti kacang polong, kismis, buah ara atau buah-buahan kering lainnya.
Keju - Ngidam keju atau pizza biasanya menunjukkan tubuh kita kekurangan asam lemak, hal ini biasa pada kebanyakan orang, karena hanya sedikit orang yang cukup asupan asam lemak omega 3.
Coba konsumsi kacang walnut, ikan salmon, minyak flax dan tambahkan biji flax tumbuk dalam diet kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUDAH CUKUP PUASKAH ANDA DENGAN HIDUP ANDA?
atau
MASIH ADA YANG KURANG?


Photobucket