Cari Artikel Kesehatan:

Senin, 21 November 2011

Hindari Sakit Flu dan Demam Secara Alami

Kalau cuaca mulai terasa dingin, itu artinya sup hangat, scarf, topi dan sapu tangan akan banyak digunakan karena di saat seperti itu biasanya flu dan demam akan sering menyerang. Tiap orang mungkin bisa beda-beda, tapi setidaknya saat musim hujan orang-orang suka terserang flu ataupun demam sampai dua kali, pastinya menderita sekali kalau sakit di saat suhu udara terasa dingin. 

Jaga Kesehatan Biar Tidak Mudah Sakit Flu


Kali ini, mari persiapkan diri kita agar kita jangan sampai sakit flu ataupun demam saat musim hujan tiba!   
Merubah kebiasaan sehari-hari bisa membantu meningkatkan sistem daya imun loh, dan kalaupun mungkin kita akhirnya sakit flu juga, setidaknya durasi sakitnya bisa lebih pendek.

Berikut adalah tips agar kita lebih kuat menghadapi ancaman sakit flu dan demam. 

Vitamin D 

Suatu studi di tahun 2010 menemukan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi suplemen vitamin D ketika musim flu dan demam, jadi dua kali lebih tahan terhadap serangan flu daripada mereka yang hanya minum pil plasebo vitamin D.

Apakah anda kira anda perlu asupan vitamin D? Kita boleh loh seperti anak-anak yang dalam studi atau mencoba meningkatkan asupan makanan kaya vitamin D seperti susu, jus dan produk-produk berbahan dasar kedelai. Jamur juga termasuk makanan yang kaya vitamin D.

Ketika anda memutuskan untuk menambah asupan vitamin D, pastikan anda tidak mengkonsumsi lebih banyak dari 2000 UI perhari. Vitamin D itu adalah vitamin yang larut dalam minyak, yang artinya tidak mudah hilang dalam sistem tubuh kita kalau kita konsumsi terlalu banyak. Bahkan bisa jadi racun bagi tubuh kalau kita konsumsi lebih dari 2000 UI per hari. Anak-anak dalam studi tadi mengkonsumsi tidak lebih dari 1200 UI, makanya kalau mengikuti jumlah itu maka seharusnya aman-aman saja. 



---------------------

Rajin Cuci Tangan


Cara termudah untuk menjaga tubuh dari penyakit adalah dengan rajin mencuci tangan. Dan jangan membiasakan suka menyentuh wajah atau memasukkan tangan ke mulut, termasuk juga jangan suka menggigit kuku.

Ketika sedang flu atau demam, banyak orang bersin dan batuk ke tangan mereka, lalu mereka menyentuh benda lainnya, mulai dari uang sampai dengan gagang pintu. Tapi ini juga bukan berarti lantas anda jadi sering-sering pakai hand sanitizer, sering cuci tangan sudah sangat membantu mencegah serangan kuman atau bakteri jahat ke tubuh. Kalau anda suka menggunakan produk hand sanitizer, cek lagi komposisi bahan-bahannya, periksa lagi untuk memastikan tidak ada kandungan triclosan. Bahan triclosan punya efek buruk untuk kesehatan dan lingkungan, dan ternyata bahan itu tidak selalu bisa membunuh kuman dan virus flu.

--------------------- 

Batuk Seperti Layaknya Vampire



Bicara soal batuk-batuk dan bersin, pastikan anda tidak menjadi penyebar penyakit dengan meniru gaya vampire, yaitu dengan tidak batuk ke tangan anda, tapi menggunakan sikut anda untuk "menangkap' batuk atau bersin-bersin anda.

--------------------- 

Berolah raga untuk Sistem Daya Tahan Tubuh 

Tidak aneh ya kalau seseorang tidak mudah sakit ketika dia rajin berolah raga. Ketika tubuh berada di kondisi fit, tubuh anda pun dalam kondisi prima menghadapi ancaman-ancaman kuman dan virus.

Suatu studi menunjukkan bahwa olah raga rutin akan sangat membantu meningkatkan kerja sistem daya tahan / imun kita. Triknya, seperti yang sering disebut tulisan yang berhubungan dengan kesehatan, adalah keseimbangan. Terlalu sering berolah raga juga tidak bagus, sistem imun anda bisa jadi kewalahan mengimbanginnya. Pastikan anda tidak olah raga berlebihan. Lakukan olah raga jalan cepat 20 - 30 menit selama 5 hari per minggu cukup untuk meningkatkan kerja sistem imun.

Bukan hanya itu, berolah raga bahkan bisa juga mengurangi rasa stres. Stres dapat menyebabkan tubuh kita rentan flu dan demam, makanya olah raga akan sangat membantu. 



---------------------

Hindari Dehidrasi

Mungkin anda sering dengar hal ini sebelumnya: minum banyak air / cairan akan menjaga tubuh tetap sehat. Untuk tambahan daya imun, masukkan jus buah dan sayuran kedalam pola makan sehari-hari. Zat-zat antioksidan yang terkandung di dalamnya akan menjaga kesehatan tubuh. Hindari jus yang terlalu manis - kebanyakan gula tidak terlalu baik untuk kesehatan.

Coba juga minum teh hijau dan teh hitam. Sebuah studi di tahun 2009 menunjukkan bahwa mereka yang minum 5 cangkir teh setiap harinya punya daya imun lebih baik dibandingkan yang bukan peminum teh. Mungkin anda mengira kalau 5 cangkir itu banyak, tapi itu bisa dilakukan. Coba minum 2 cangkir di pagi har, 1 cangkir saat makan siang, 1 cangkir ketika makan malam dan 1 cangkir lagi di malam harinya.

--------------------- 
Makanlah Yogurt 
Penelitian menunjukkan "bakteri baik" dalam yogurt dapat meningkatkan daya tahan tubuh, terutama bagi mereka yang sistem imun-nya agak terhambat. Oleh karena yogurt itu tergantung pada kultur, bukan pada susu-nya, yogurt kedelai dan kelapa pun berefek baik untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh. 





--------------------- 

Kurangi atau Hentikan Merokok dan Minum Minuman Keras 

Hal ini bukan sesuatu yang baru lagi ya, tapi biasa kan kalau kita suka terlalu memanjakan diri saat liburan, jadi ini sebagai pengingat saja. Rokok dan alkohol dapat menghambat ketahanan tubuh melawan penyakit. Ini bukan berarti anda tidak bisa sesekali menikmati minuman atau rokok. Masih bisa menikmati, asal dalam batas kewajaran dan keseimbangan. 




---------------------------------------------------- 

Kalau pun Pada Akhirnya Sakit Juga 

Bisa jadi walau kita sudah berusaha sebaik mungkin mencegah tubuh terserang penyakit, tetap saja bisa sakit flu dan demam juga.

Kalau anda sakit, berikut tips agar anda bisa mengatasi sakit anda:


  • Pastikan and cukup istirahat. Tubuh kita melakukan pemulihannya ketika tubuh dalam keadaan istirahat, makanya kalau tubuh mulai terasa tidak enak jadikan itu tanda kalau anda perlu istirahat. Tonton tayangan TV yang membosankan, membaca dan istirahatlah.
  • Berkumur dengan air garam. Ini aka sangat membantu melegakan tenggorokan.
  • Neti pot. Kalau hidung mulai tersumbat, artinya sudah saatnya menggunakan neti pot dan gunakan dua kali sehari. Tapi kalau hidung anda sudah tersumbat, biasanya sudah terlambat untuk pemakaian neti pot.
  • Perbanyak asupan mineral zinc. Penelitian-penelitian telah menunjukkan bahwa asupan zat zinc bisa meredakan flu. Dan lagi, permen zinc lozenges bisa untuk meredakan sakit tenggorokan.
  • Perbanyak asupan cairan, termasuk teh hangat. Tubuh kita sebagian besar terdiri dari cairan, makanya kita perlu jaga kondisi kita tetap terhidrasi ketika sakit. Minuman teh hangat akan membantu meredakan inflamasi dan rasa hangatnya bisa melegakan hidung tersumbat.

Kalau flu atau demam anda masih juga bertahan hingga lebih dari seminggu, bisa jadi ada sesuatu yang lebih serius lagi, seperti misal bronkitis. Itu artinya anda harus segera konsultasi lebih lanjut ke dokter anda. Dengarkan dan rasakan apa yang tubuh kita katakan, dan jaga kesehatan anda ketika musim penyakit flu mulai mewabah.

-------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUDAH CUKUP PUASKAH ANDA DENGAN HIDUP ANDA?
atau
MASIH ADA YANG KURANG?


Photobucket