Cari Artikel Kesehatan:

Jumat, 28 Oktober 2011

14 Makanan Anti Kanker

Kita sudah sering dengar ya tentang apa dan seberapa banyak yang kita konsumsi sehari-hari akan mempengaruhi kesehatan kita, apalagi kalau kita sakit kanker.

“What you eat and how much you consume makes a difference when it comes to cancer,” begitu kata Colleen Doyle, R.D., director nutrisi dan aktivitas fisik untuk The American Cancer Society. 

Langkah awal yang perlu diambil yaitu kurangi konsumsi makanan manis dan makanan berlemak yang tidak sehat. Pastikan kita mengkonsumsi makanan manis atau makanan berlemak sesekali saja, maksimal 1 - 2 kali dalam seminggu. Langkah keduanya yaitu dengan mengkombinasikan makanan-makanan berikut dibawah ke dalam menu makan dan cemilan harian; pilih setidaknya dua macam makanan untuk sehari dalam seminggu. 
Makanan-makanan ini sangat bermanfaat dan telah teruji dalam melawan penyakit kanker. 

--
1. Soy / Kacang Kedelai 
Porsi penyajian yang dianjurkan = 1 cup (cangkir) susu kedelai, 4 ons (400 gram) tahu, atau 1/2 cangkir kacang kedelai (edamame)
Kedelai dapat mengurangi resiko kanker payudara dan kanker prostat. Anda bahkan bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dari kedelai (edamame, tahu dan susu kedelai) dibanding dari makanan protein terproses (makanan energy bars).
Namun perlu diperhatikan juga bagi para wanita yang punya kanker payudara harus menghindari susu kedelai - silakan tanya kepada dokter anda.
--

2. Berries / Buah Beri 
Porsi penyajian yang dianjurkan = 1 cup (cangkir)
Buah Beri punya kandungan anti oksidan yang dapat mengurangi dan memperbaiki kerusakan sel yang beresiko kepada munculnya kanker. Ketika buah-buahan ini sedang tidak musim, anda bisa pilih buah beri beku karena buah beri beku sama menyehatkannya dengan buah beri yang segar.
--

3. Tea / Teh 
Porsi penyajian yang dianjurkan = 1 cup (cangkir)

Teh memiliki kandungan anti oksidan yang disebut Catechins yang dapat menghambat kerja suatu enzim tertentu yang dapat menyebabkan penyakit kanker.
Suatu studi penelitian menunjukkan sel tumor perut, hati dan kulit terbukti menyusut pada mencit uji yang diberi makan teh hijau atau teh hitam. Merendam daun teh setidaknya lima menit dalam air hangat akan melepaskan zat anti oksidan yang terkandung di dalamnya.
--
4. Fatty Fish / Ikan Kaya Lemak 
Porsi penyajian yang dianjurkan = 300 gram
Beberapa studi menunjukkan kalau komponen luar biasa sehat dalam ikan - seperti asam lemak omega-3 dapat menjaga kesehatan kita dari penyakit kanker (seperti juga berguna melawan penyakit cardiovascular - pembuluh darah jantung), namun para ahli masih perlu mengetes hal itu lebih lanjut. Ikan kaya lemak seperti ikan salmon, mackerel, ikan haring, ikan sardin dan tuna kaya kandungan omega-3.
--

5. Garlic / Bawang Putih 
Porsi penyajian yang dianjurkan = 1 siung bawang atau 1 sendok teh bawang yang ditumbuk

Menurut The American Institute for Cancer Research, bawang putih bisa menurunkan resiko terkena kanker usus besar dengan kandungannya yang dapat menghambat pembentukan dan perkembangan sel kanker di usus besar.
--

6. Nuts / Kacang / Biji-Bijian Kering 
Porsi penyajian yang dianjurkan = 1/4 cangkir
Semua biji-bijian kering atau kacang bisa mencegah kanker. Bahkan kacang tanah dilaporkan dapat mengurangi resiko kanker endometrial (dinding rahim) dan kanker usus besar (colorectal cancer) pada wanita. Manfaat kacang ini terkait pada komponen anti oksidan yang terkandung didalamnya, seperti asam folat dan zat mineral magnesium, menurut studi yang dilaporkan di The American Journal of Clinical Nutrition.
--

7. Flaxseed / Biji Flax 
Porsi penyajian yang dianjurkan = 1 sampai dengan 2 sendok makan biji yang dihaluskan.
Para ilmuwan mengatakan zat lignans, komponen zat yang bertindak sebagai anti oksidan yang terdapat di biji-bijian penuh serat ini dapat mengurangi pertumbuhan dan penyebaran kanker payudara. 

Haluskan biji tanaman flax sebelum memakannya (atau belilah dalam bentuk serbuk) agar tubuh dapat menyerap nutrisi yang terkandung di dalamnya lebih baik. 
--

8. Cruciferous Vegetables / Sayuran Kubis-Kubisan
Porsi penyajian yang dianjurkan = 1/2 mangkuk
Tanaman kubis-kubisan, kembang kol, dan brokoli itu kaya sulfur yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Studi bahkan telah menunjukkan bahwa tanaman-tanaman tersebut dapat mengurangi resiko kanker paru-paru, kanker hati, kanker usus besar, kanker payudara dan kanker dinding rahim.
--

9. Sweet Potatoes / Ketela 
Porsi penyajian yang dianjurkan = 1 buah ukuran sedang
Di dalam ketela (seperti halnya worter, blewah dan mangga mengandung senyawa beta-karoten, zat warna oranye alami. Beta-karoten diketahui dapat mencegah kerusakan membran / dinding sel yang dapat berkembang menjadi kanker. 




--

10. Low-Fat Dairy / Susu Rendah Lemak 
Porsi penyajian yang dianjurkan = 1 gelas
Suatu In recent research, premenopausal women who had at least one serving a day of low-fat yogurt or milk reduced their breast cancer risk. Most dairy products also contain vitamin D, which has been associated with lower risk for pancreatic and colorectal cancers.
--

11. Grapes / Anggur 
Porsi penyajian yang dianjurkan = 1 mangkuk
Anggur merah dan ungu mengandung zat pelawan penyakit – resveratrol – yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengcegah pembentukan tumor di organ hati, perut dan payudara. Selain itu, kandungan lain dalam anggur, Lycopene, zat pigmen anggur juga dapat meningkatkan sistem pertahanan melawan kanker.
--

12. Leafy Greens / Sayuran berwarna Hijau 
Porsi penyajian yang dianjurkan = 1 sampai dengan 2 mangkuk sayuran segar
Sayuran berwarna hijau gelap banyak mengandung folat, suatu vitamin B yang berguna memperbaiki kerusakan DNA yang rentan berkembang menjadi kanker. Beberapa studi bahkan menunjukkan sayuran hijau dapat menjaga pertahanan melawan kanker saluran cerna dan -mungkin- kanker payudara juga.
--

13. Beans / Kacang-Kacangan 
Porsi penyajian yang dianjurkan = 1/2 mangkuk dalam keadaan masak
Mengurangi konsumsi daging dapat mengurangi resiko terkena kanker, jadi cobalah perbanyak makan kacang-kacangan (spt kacang pinto, kacang lima dan kacang merah) ataupun legumen lain (seperti kacang lentil dan kacang hijau). Wanita yang sudah postmenopause yang banyak mengkonsumsi kacang-kacangan ini punya resiko rendah terkena kanker payudara.
--

14. Whole Grains / Gandum Penuh
Porsi penyajian yang dianjurkan = 1 potong roti, 1 mangkuk sereal, atau 1/2 mangkuk beras merah atau pasta
Dibandingkan dengan bubuk gandum halus (seperti pada roti tawar dan pasta biasa), bubuk whole grains / gandum penuh mengandung lebih banyak serat, yang dapat mengurangi resiko kanker usus besar karena dapat mempercepat proses pencernaan.
Coba usahakan setidaknya setengah dari konsumsi gandum anda harusnya berupa gandum murni.


===============

Hal-Hal yang tidak bisa ditawar-tawar


Kalau anda ingin menambahkan makanan yang dapat melawan kanker ke makanan harian anda, maka anda harus mengikuti anjuran makanan harian dibawah ini.
Tiap harinya anda harus mengkonsumsi setidaknya:
  • 3 sampai dengan 4 porsi penyajian gandum murni
  • 3 porsi penyajian buah-buahan
  • 4 porsi penyajian sayuran
  • 8 gelas air putih
Dipublikasikan pertama kali pada October 1, 2010, issue of Family Circle magazine.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUDAH CUKUP PUASKAH ANDA DENGAN HIDUP ANDA?
atau
MASIH ADA YANG KURANG?


Photobucket