Cari Artikel Kesehatan:

Minggu, 09 Oktober 2011

Makanan dan Minuman Yang Bisa Ganggu Tidur

Kalau lagi susah tidur dan anda malah berpikir untuk makan atau minum sesuatu saat itu, coba dipikir baik-baik lagi deh. 
Tahukah anda kalau sebenarnya ada makanan ataupun minuman yang malah makin bikin anda tidak bisa tidur?

Cemilan Malam Bisa Ganggu Tidur, loh !!

Berikut adalah makanan dan minuman yang bisa ganggu tidur.  


1. Coklat
Suka minum segelas coklat panas di malam hari? Atau suka cemilan es krim sundae coklat saat nonton TV? Berhati-hatilah pada coklat dalam segala bentuknya. Banyak orang malah jadi sensitif terhadap kafein ketika bertambah umur, dan bahkan sedikit gigitan coklat dapat membuat seseorang malah jadi melek. Kenapa bisa begitu? itu karena coklat mengandung tyrosine, asam amino yang punya efek stimulasi.


2. Daging
Ada baiknya kalau anda hindari memanjakan diri dengan membuat roti sandwich daging untuk cemilan malam. Daging asap, sosis, atau daging dalam bentuk apapun itu tinggi kandungan asam amino tyramin, yang dapat memicu otak melepaskan zat norepinephrine, yang merupakan zat stimulan otak yang menyebabkan tubuh kita berada dalam keadaan siaga.





3. Minuman Energi
Minuman macam Red Bull dan minuman energi lainnya itu mengandung tinggi kafein, begitu juga zat asam amino taurine, yang membuat tubuh selalu siap siaga dan memicu zat andrenaline. Bahkan ada studi yang telah menunjukkan kalau anda minum minuman energi di pagi hari, ditambah konsumis taurine dan kafein (misal minum kopi) dapat menyebabkan sulit tidur atau sulit tertidur lelap di malam harinya.


4. Saus Tomat, Sambal, Pizza dan Makanan Pedas
Gangguan pencernaaan adalah suatu sebab yang banyak ditemui dalam kasus gangguan tidur, namun agaknya orang-orang banyak yang tidak mengerti bahwa memang keduanya saling terkait. Makanan berasa asam dan pedas dapat menyebabkan perut kembung, sakit ulu hati, juga gejala lain yang pada akhirnya dapat mengganggu tidur anda.

Awas Makanan Pedas Bisa Ganggu Tidur Anda !!


5. Minuman Ber-alkohol
Meminum segelas atau dua gelas minuman beralkohol mungkin bisa memberi efek tenang selesai makan malam, tapi efek kebelakangnya yang sebenarnya perlu diperhatikan, dan dapat membuat anda tidak tidur nyenyak. Belum lagi kondisi dimana tubuh terinput cairan dan nantinya akan membuat anda sering ke kamar mandi. Apakah anda bisa tidur nyenyak kalau suatu atau beberapa saat kemudian anda harus ke kamar mandi? 
Minuman beralkohol anggur juga mengandung tinggi zat stimulan tyrosine.


=========================
Kalau anda suka coklat atau daging atau minum minuman energi atau minuman beralkohol, ataupun suka saus tomat, sambal atau makanan pedas lainnya, sebaiknya hindari di malam hari, jika anda ingin tidur nyenyak yaaa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUDAH CUKUP PUASKAH ANDA DENGAN HIDUP ANDA?
atau
MASIH ADA YANG KURANG?


Photobucket