Cari Artikel Kesehatan:

Kamis, 15 September 2011

Perhatikan Makanan Anda Jika Pengen Awet Muda

Banyak wanita begitu mencapai umur 25 tahun langsung ke supermarket atau toko kosmetik untuk membeli krim kulit anti-keriput yang harganya mahal. Mau dicegah seperti apa pun proses penuaan sejak dini itu, ketika usia mencapai 30 tahun, kekenyalan kulit pastinya sudah menurun.

Ada pepatah, apa yang kita makan akan tercermin pada kulit kita. Jadi sebenarnya makanan lah yang mempengaruhi bagaimana sehat atau tidaknya kulit. Makanan itu layaknya obat, dikonsumsi tiga kali sehari, tiap harinya. Mengkonsumsi banyak buah dan sayur, demikian juga makanan lain, itu bisa buat kulit kita awet muda.

Mau Awet Muda? Ya Makan Buah dan Sayur


Kalau kita mau kulit kita menua dengan lebih baik, kita harus perhatikan makanan dan pola makan kita. Berikut adalah 7 macam makanan yang dapat membuat kulit tampak awet muda.

1. Alpukat dan makanan berlemak baik atau tidak jenuh lainnya

Alpukat punya kandungan yang berguna bagi kesehatan, yaitu zat lemaknya. Coba perhatikan dech, ketika saat mulai berumur,  ada bagian-bagian tubuh kita yang kurang lemak, terutama wajah tampak bertambah tua seiringan dengan waktu. Sedikit zat lemak bisa membuat kita tampak muda. Makanya kita perlu juga mengkonsumsi bahan makanan yang kaya lemak baik (lemak tak jenuh), seperti minyak zaitun dan alpukat. Jika sulit, anda bisa mengkonsumsi cukup lemak babi atau mentega.

--

2. Buah dan Sayuran Berbasis Air

Kondisi terhidrasi punya peranan penting biar tampak awet muda karena kondisi terhidrasi itu artinya kulit kita terjaga kelembabannya. Ketika kulit dehidrasi, kulit akan tampak lepek dan keriput pun akan mulai muncul.
Ini berarti kita agaknya tidak cuma perlu banyak minum air, tapi juga banyak makan buah-buahan dan sayuran kaya air. Contoh buah dan sayur kaya air itu, seperti semangka, timun dan jeruk.

--

3. Jambu Biji

Jambu biji bagus untuk kulit karena kandungan Vitamin C-nya. Tahukah anda kandungan Vitamin C dalam jambu biji 4 kali kandungan Vitamin C buah jeruk. Vitamin C itu merupakan botox alami yang dapat menjaga kekenyalan kulit dan bebas keriput.

--

4.Kerang

Tergantung jenis dan tipe-nya, kerang memiliki kandungan mineral zinc (seng) antara 16 sampai 182 mg / 100 gram-nya. Zinc ini bagus untuk memperbaiki kerusakan sel. Jadi kalau anda suka beraktivitas di bawah sinar matahari ketika keci dan dampaknya mulai muncul, zinc ini bisa membantu memperbaikinya.

--

5. Ketela


Ketela itu punya kandungan beta karoten, yang bisa menjaga keseimbangan keasaman kulit kita, membantu melawan kekeringan kulit dan regenerasi kulit, yang dapat membuat kulit tampak halus dan lembut.
Kombinasikan penggunaan beta karoten dengan makanan berlemak baik seperti minyak kelapa atau minyak zaitun, hasilnya akan lebih baik lagi.

--

6. Buah Beri 


Buah beri menpunyai kandungan anti oksidan tinggi. Buah beri ini antara lain blueberry, blackberry dan strawberry. Anti oksidan berguna untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan keriput.

--

7. Minyak Asam Lemak Omega


Asam lemak esensial bertanggung jawab atas kesehatan membran sel, yang berguna tidak hanya sebagai penangkal dari zat asing yang berbahaya, tapi juga sebagai gerbang agar nutrisi dan zat buangan dapat keluar masuk sel.

Zat Omega 3 dihasilkan dari 3 zat asam: EPA, DHA, dan ALA. ALA dapat ditemukan dalam biji-bijian. DHA dan EPA banyak ditemukan dalam alga, spirulina (alga biru-hijau) dan chlorella.
Sementara zat Omega 6 dapat ditemukan dalam makanan vegetarian seperti minyak zaitun, gandum dan alpukat.

===========================================

Proses penuaan itu adalah suatu proses alami yang dialami makhluk hidup di dunia, tidak terkecuali manusia. Mau dicoba dilawan dengan pemakaian produk anti penuaan atau bahkan dengan botox, proses penuaan itu tetap akan terjadi.

Yang bisa dilakukan adalah memperlambatnya... pastikan kulit kita menua dengan baik. Gunakan krim anti penuaan sebagai ritual kecantikan kita tiap pagi dan sore. Gunakan produk dengan kandungan SPF untuk mencegah kerusakan kulit dari efek sinar matahari, juga perhatikan makanan yang kita makan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUDAH CUKUP PUASKAH ANDA DENGAN HIDUP ANDA?
atau
MASIH ADA YANG KURANG?


Photobucket