Cari Artikel Kesehatan:

Kamis, 07 Juli 2011

Bumbu Dapur Penyedap Masakan Untuk Otak

Dulunya para ilmuwan mengatakan kalau kita terlahir dengan jaringan otak dan sejumlah sel syaraf yang yang kita punya. Jadi jika kita minum alkohol dan itu membuat sel otak mati, ya selamat aja.
Lalu di tahun 1998, para ilmuwan menemukan adanya pertumbuhan sel syaraf pada individu yang sedang sekarat. Ternyata otak kita - setua atau semuda apapun - bisa mengembangkan sel-sel syaraf baru. 

Kunci utama perkembanan sel otak? Yaitu Diet. Apa yang kita makan dapat membantu kesehatan jaringan syaraf termasuk reseptor syaraf kita. Aliran syaraf terus terjadi dan itu akan membantu mempertahankan fleksibiliti otak. Walaupun kalau daya ingat anda begitu rapuh dan anda tidak bisa mengingat nomor telepon pasangan anda, makan akan tetap memberi asupan sampai ke otak kita.

Belakangan ada begitu banyak informasi sejak para ilmuwan itu menyatakan seseorang itu merupakan cerminan apa yang ia makan. Penelitian lebih lanjut menganalisa setiap jenis makanan, vitamin, mineral, herbal dan kombinasi diantaranya. Walau begitu, penelitian menyebutkan sesuatu seperti yang dikatakan orang-orang jaman dulu: apa yang kamu makan bisa membuatmu lebih pintar dan senang (atau lebih bodoh dan menyedihkan).

Bahan makanan, dari bahan pokok hingga bumbu-bumbunya bahkan bisa mempengaruhi kerja otak.
Berikut adalah daftar bumbu-bumbu dapur yang diketahui memiliki efek terhadap Otak.

============================


Curcumin yang membuat kunyit ini berwarna kuning bisa mengaktikan enzim pengoksidasi yang dapat mengurangi pembentukan plak otak. Curcumin ini juga berefek sebagai anti inflamasi yang bisa melawan beberapa kanker dan sklerosis ganda (multiple sclerosis)

-----------------------------------------



 

Bumbu ini bisa digunakan untuk mengatasi depresi pada manusia, juga bisa meningkatkan daya belajar dan daya ingat pada hewan. Menurut studi tahun 2005 di Journal of Ethnopharmacology, kuma-kuma diminum 2 kali sehari sama efektifnya dengan Prozac dalam mengatasi depresi ringan hingga depresi sedang.


-----------------------------------------




Sage

Berpotensi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Akar sage dari Cina mengandung bahan yang berefek mirip seperti obat penyakit Alzheimer. Menurut penelitian yang dilaporkan di Pharmacological Biochemical Behavior, sejumlah 50 microliter (o,001690 fl oz) ekstrak minyak sage bisa meningkatkan daya ingat secara signifikan. Sage sangat cocok disajikan dalam salad, sop, dan bahkan pizza. Rasa dan wanginya lebih baik dalam kondisi segar.


-----------------------------------------




Sedikit aroma kayu manis ini bisa menstimulasi otak. Permen karet rasa kayu manis bahkan juga bisa meningkatkan daya ingat, kecepatan visual, dan fokus.
Kayu manis ini bumbu ajaib: dapat membantu mengontrol kadar gula darah, meringankan derita leukemia dan kanker limfoma; mengurangi penggumpalan / pembekuan lempeng darah; punya efek antimikroba, yang artinya dapat mengatasi infeksi ragi / jamur; mengandung mineral manganese, besi dan kalsium dan juga merupakan sumber serat yang baik.
Cobalah buat cemilan sehat apel menggunakan kayu manis untuk anak anda sebelum mereka mengerjakan PR mereka.

==================================================


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUDAH CUKUP PUASKAH ANDA DENGAN HIDUP ANDA?
atau
MASIH ADA YANG KURANG?


Photobucket