Cari Artikel Kesehatan:

Sabtu, 14 Mei 2011

Makanan Organik Belum Tentu Makanan Sehat



Bukannya mau bilang kalau bahan makanan organik itu gak lebih baik untuk anda dibandingkan dengan bahan makanan lainnya.
Kita semua mungkin sudah tahu kalau bahan makanan organik itu bebas pestisida, herbisida dan insektisida yang pada akhirnya bisa membuat kita jatuh sakit. 
Kalau kita berbelanja bahan makanan di toko atau supermarket besar, seperti carrefour, giant dan hypermart atau di toko khusus bahan organik, kita bisa percaya kalau produk-produk organik mereka bebas pestisida dan insektisida, bebas sirup jagung tinggi fruktosa, dan bahan-bahan lain yang malah menimbulkan masalah.

Namun perlu diingat pula, walaupun bahan organik belum tentu makanan itu benar-benar baik untuk anda.
Ini dia sebabnya:

================

1. Gula itu tetap gula

Makanan yang tinggi kadar gula, gula organik atau bukan, tetap tidak baik untuk tubuh. Akibat dari diet atau pola makan tinggi gula dapat membuat kita banyak makan dan mengacaukan mood kita. Terlebih lagi, penyebab kegemukan itu bukan karena lemak, melainkan karena gula, menurut studi baru “Lemak Bukanlah Masalah,” kata Dr. Walter Willett, kepala departemen nutrisi di Sekolah Kesehatan Harvard. “Jika orang Amerika bisa mengurangi minuman tinggi gula, kentang, roti, pasta, nasi putih dan kudapan gula lainnya, kami bisa melenyapkan hampir semua masalah kegemukan, diabetes dan penyakit metabolik lainnya". Makanya mereka mulai hindari terlalu banyak makan kue, sereal, makanan yang dipanggang, "wafer nutrisi" dan permen, walaupun ada label organik dari USDA.

================

2. Makanan Olahan itu tetap Makanan Olahan

Walau diet atau pola makan kita ini makanan olahan organik, perlu diingat makanan itu tetaplah makanan olahan. Itu artinya akan banyak nutrisi yang terbuang selama proses pengolahan makanan. Makanan olahan tidak hanya rendah nutrisi, makanan tersebut tinggi senyawa natrium.
Hindari makanan olahan yang banyak mengandung suplemen tambahan seperti calsium dan dapatkan asupan vitamin anda dari makanan organik yang utuh seperti buah-buahan segar, sayuran, kacang alami, dan biji-bijian.

================

3. Perjalanan itu tetap Perjalanan

Sayuran organik yang menempuh perjalanan jauh dari luar negeri sebelum sampai ke meja makan anda mungkin saja lebih baik daripada sayuran biasa. Namun walaupun begitu, sayuran tersebut belum tentu makanan terbaik.
Bisa jadi sudah banyak nutrisi yang hilang di sepanjang perjalanannya dan bahkan bisa jadi malah kemasukan polusi udara.
Terlebih lagi, sayuran produksi lokal itu lebih enak loh. Memang banyak petani yang agak sulit mendapatkan sertifikat sayuran organik ini. Pastikanlah sayuran lokal tersebut dihasilkan tanpa pestisida dan herbisida.

================

4. Adanya kandungan hormon sintetik

Yang namanya makanan kaleng, kebanyakan kita pastinya pernah ya atau ada yang gemar makan makanan kaleng, tapi setelah ini mohon dipikir-pikir lagi ya.
Berikut ada artikel tentang Makanan Kaleng Yang Aman dan Berbahaya. Di artikel tersebut menunjukkan bahwa walaupun itu makanan organik, tapi bukan berarti bebas hormon sintetik. Produsen Muir Glen, Amy’s, Bionaturae, and S&W Organic, mengakui menggunakan BPA dalam makanan kaleng mereka.

================
Nah, makanya mulai sekarang mari kita perhatikan pola makan dan apa yang kita makan. Pastikan pula makanan organik yang kita makan merupakan makanan yang aman bagi kita, tidak mengandung bahan-bahan yang bisa berbahaya bagi tubuh. 
Sehat itu Penting !!

pastikan makanan organik anda benar aman !



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUDAH CUKUP PUASKAH ANDA DENGAN HIDUP ANDA?
atau
MASIH ADA YANG KURANG?


Photobucket